MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II A MELALUI METODE BERMAIN, CERITA, DAN MENYANYI (BCM) DI SD YPPK ST. WILLIBRORDUS I
Keywords:
Pendidikan Agama Katolik, Minat Belajar, Metode BCMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Bermain, Cerita, dan Menyanyi (BCM) dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas II A di SD YPPK St. Willibrordus I Kota Sorong. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat belajar peserta didik yang menjadi suatu tantangan dalam proses pembelajaran. Guru sebagai pendidik dituntut untuk bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, terutama dalam mata pelajaran agama yang memiliki peran penting dalam pembentukan iman dan karakter anak. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Bermain, Cerita, dan Menyanyi (BCM), dapat membantu guru dalam menciptakan suasana belajar yang menarik, inklusif, dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas II A. Penggunaan metode ini membantu peserta didik mengekspresikan diri, memahami nilai-nilai agama secara lebih mendalam. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran agama yang relevan dan aplikatif, serta menjadi referensi bagi guru dalam menerapkan pendekatan yang kreatif dan konstekual di ruang kelas.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.









