PENERAPAN METODE TALKING STICK DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK PADA SISWA KELAS IV SD YPPK STELLA MARIS DOOM
Keywords:
Talking Stick, Pendidikan agama katolik, Prestasi belajar, Metode pembelajaranAbstract
Kajian ini membahas tentang penerapan metode Talking Stick dalam upaya meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Katolik pada siswa kelas IV SD YPPK Stella Maris Doom. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar, dengan menggunakan metode Talking Stick dalam Pendidikan Agama Katolik kelas IV SD YPPK Stella Maris Doom. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Talking Stick efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik. Siswa menunjukkan sikap yang antusias dan terlibat aktif di dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, siswa dapat memahami materi pembelajaran dan diungkapkan melalui perubahan dalam sikap dan ketrampilan siswa, sehingga prestasi belajar mengalami peningkatan signifikan.