PENERAPAN METODE CERITA DAN GAMBAR DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V B DI SD YPPK ST. WILLIBRORDUS 1 KOTA SORONG
Keywords:
Metode cerita dan gambar, peningkatan hasil belajar, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menganalisis sejauh mana pemahaman peserta didik dalam memahami materi pelajaran Pendidikan Agama Katolik dengan menggunakan metode cerita. (2) Untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode cerita dan gambar dalam pelajaran Pendidikan Agama Katolik Sekolah Dasar di SD Yppk St. Willibrordus 1. (3) Untuk mengetahui sejauh mana keefektivitasan metode cerita dan gambar bagi peserta didik. Jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu penelitian kualitatif-deskriptif. Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang tidak berupa angka atau variabel, melainkan membaca dengan menjabarkan secara rinci dan jelas agar bisa menarik kesimpulan. Jenis penelitian yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan yaitu mempraktikan ilmu dalam tindakan nyata agar mengetahui respon pada situasi di lapangan Penelitian tindakan kelas dengan data yang disajikan secara deskriptif karena peneliti ingin mengungkapkan atau memperoleh gambaran secara mendalam tentang peningkatan hasil belajar melalui penerapan metode cerita dan gambar dengan tema “Yesus memanggil orang berdosa”.