PENGGUNAAN METODE AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AGAMA KATOLIK DENGAN MATERI POKOK PERSAHABATAN DI KELAS VII SMPN 3 KOTA SORONG
Keywords:
minat belajar, hasil belajar, media, audio, visualAbstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik dalam Pembelajaran Agama Katolik, dan juga bagaimana dampak penggunaan metode audio visual dalam peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik pada Pembelajaran Agama Katolik SMPN 3 Kota Sorong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu dampak atau pengaruh terhadap penggunaan media audio visual dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Katolik pada Kelas VII SMPN 3 Kota Sorong. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan prosedur penelitian tindakan kelas. Metode kualitatif deskriptif ini dipilih, karena dapat mendalami suatu permasalahan secara mendalam dan dapat menjelaskan secara rinci mengenai suatu masalah yang terjadi, mulai dari identifikasi suatu masalah sampai pada penjelasan solusinya. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik untuk pengambilan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan tes. Subjek dari penelitian yang digunakan yaitu peserta didik kelas VII SMPN 3 Kota Sorong. Hasil penelitian melalui siklus 1 dan 2 menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual sangatlah mampu meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Katolik. Pada saat proses pembelajaran berlangsung, peserta didik menunjukkan minat belajar mereka cukup tinggi, lalu mereka sangat antusias sekali belajar menggunakan media audio visual. Wawancara dan tes yang sudah dilakukan juga menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media audio visual dapat menarik perhatian peserta didik serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Lewat pembelajaran dengan metode audio visual peserta didik mampu memahami materi pelajaran dengan mudah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Katolik cukup efektif, baik dari segi menarik minat peserta didik maupun peningkatan pencapaian hasil belajar.